Kamis, 19 April 2012

Berbagai Model Sistem Pembelajaran

Model pengembangan Instruksional, antara lain:
a. Model Briggs
b. Model Bela H. Banaty
c. Model PPSI
d. Model Kemp
e. Model Garlach dan Elly
f. Model IDI
g. Model RPP
h. Model Satuan Pelajaran

Masing-masing model tersebut memiliki perbedaan dan persamaan
Perbedaan:
1. pada istilah yang dipakai
2. urutan dan kelengkapan langkahnya

Persamaan:
1. Setiap model mengandung kegiatan yang dapat digolongkan menjadi 3 kategori:
    a. Menentukan masalah pendidikan dan organisasi alat untuk memecahkan masalah.
    b. Membantu menganalisis dan mengembangkan pemecahan masalah.
    c. Melayani keperluan evaluasi pemecahan masalah.

EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI

Eksplorasi
1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik atau tema yang akan dipelajari dengan menggunakan prinsip alam terkembang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
2. Meggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
5. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di Laboratoium, studio atau lapangan.

Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas-tugas tertentu yang bermakna.
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik lisan maupun tertulis.
3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
8. Memfasilitasi  peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Eksplorasi
1. Memberikan umpan baik positif dan penguatan dan penguatan dalam bentuk lisan tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar